Kegiatan Jalan Santai

HUT SMP Negeri 1 Sukolilo.

Tari Garuda

Persiapan Menyambut Kepala Sekolah Baru

PRAMUKA

Ekstra Pramuka Pembina Pak Bambang Susilo, S.Pd dan Pak Gatot.

ALUGORO

Latihan Dasar Kepemimpinan SMP Negeri 1 Sukolilo.

Kunjungan Bapak Bupati ke Sukolilo Disambut oleh Siswa

OSIS Study Tour Ke Bali

Pelepasan Peserta Didik Kelas 9

Cari Blog Ini

All Children Can Learn

Jumat, 29 Maret 2013

Mengenal Hotspot Mikrotik

Hotspot

Sering kali kita mengenal istilah hotspot sebagai media layanan gratis untuk internet yang biasa disediakan oleh tempat yang dikhususkan untuk menarik masa dalam jumlah banyak. contohnya saja hotspot untuk cafe supaya menarik konsumen untuk berkunjung, hotspot pemerintahan untuk memberikan layanan gratis kepada masyarakat, hotspot sekolah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi Hotspot yang ditujukan bukan untuk promosi tentunya bersifat tidak gratis, dan untuk menyiasati hal tersebut maka sigunakan sistem login menggunakan username dan password. dan tentunya untuk mengakses internet melalui hotspot tersebut kita harus tahu user dan password tersebut.

Untuk itu banyak penyedia jasa internet menggunakan mikrotik untuk mengatur managemen lalulintas trafik signal internet yang masuk. MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router.




Mikrotik RouterOS™

Adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumahan (PC) melalui CD. Anda dapat mengunduh file image MikroTik RouterOS dari website resmi MikroTik, www.mikrotik.com. Namun, file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, anda harus membeli lisensi key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.


Limitasi Bandwidth.
  1. Untuk Limitasi bandwitdh user ada beberapa cara, bagi untuk yang banyak client bisa menggunakan PCQ Tree tetapi untuk user yang berjumlah sedikit, bisa menggunakan simple queue. Untuk case warnet yang clientnya hanya 20 ini bisa menggunakan simple queue saja. Kita biasain lewat comline yal :D
 [admin@MikroTik] > name=”queue150” target-addresses=192.168.0.150/32 dst-address=0.0.0.0/0 interface=all parent=none direction=both priority=8 queue=default-small/default-small limit-at=512000/512000 max-limit=512000/512000 burst-limit=0/0 burst-threshold=0/0 burst-time=0s/0s total-queue=default-small
Yang dibold itu adalah pilihan anda, detailnya :
name = isikan dengan nama pilihan anda, misalnya nama users atau terserah
traget address = adalah IP yang akan anda konfigurasi bandwitdhnya nanti
dst address = akan kemana IP itu menuju, karena biasanya pasti ke internet, bisa input 0.0.0.0/0
interface = lebih baik di set all, biasanya sih saya lebih suka menggunakan interface yang berhadapan dengan internet, tapi lebih save nya pilihannya yaa ALL
limit at = isi dengan batas limit nya . syntaxnya upload/download
Max limit = isi dengan batas konsumsi bandwitdh yang anda inginkan. Di case atas saya beri 512kbps untuk upload dan 512 kbps untuk download. 


(art)

Bersambung .....




Read more »»  

Staf Karyawan TU


Arwati
Staf TU


Injulaika
Arsip Perpustakaan


Sudarmanto
Staf TU


Sarwini
Staf Kopsis 


Staf Karyawan Teknis


Kustam
Staf TU

Read more »»  

Rabu, 27 Maret 2013

Guru SMP N 1 Sukolilo


Anita Nurul I, S.Pd
Bahasa Jawa Teacher


Ema Irawati, S.Pd
Tata Boga Teacher


Emy Retnaningsih, S.Pd
English Teacher


Rubiah, S.Pd, M.Pd
English Teacher


Abid Syaifullah, S.Pd
Bahasa Indonesai Teacher


Sri Suhartini
Konselor


Arba Karomaini, S.Ag
PAI Teacher


Hera Kurniawan, S.Pd
IPS Teacher


Drs. Djatmiko
PKn Teacher


Mat Adjuri, S.Pd
IPA Teacher


Riyanto DS, S.Pd
PKn Teacher


Panji Subrata, S.Pd
ICT & English Teacher


Dwi Hanjariana, S.Pd
Mathematic Teacher


Ratno, S.Pd
Seni Budaya Teacher


Eka Sulistyana, S.Ag
Tata Boga & PAI Teacher


Moch Zuhri, S.Pd
Penjasorkes Teacher


Muslikah, S.Pd


Nunik Randri, S.Pd


Utami Retnoning, S.Pd
Bahasa Indonesia Teacher


Eko Hadi S, S.Pd
Matematika Teacher


Swi Wahyudiono, S.Pd
TIK Teacher


Suyatmi, S.Pd
IPA Teacher


Sujadi, S.Pd
IPS Teacher




Riza Artedi, S.Kom
ICT Teacher




Read more »»  

Selasa, 26 Maret 2013

Mengenal BK di Sekolah


Pengertian Bimbingan Konseling di Sekolah

1. Definisi Bimbingan

Menurut Abu Ahmadi (1991: 1), bahwa bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (peserta didik) agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik. Hal senada juga dikemukakan oleh Prayitno dan Erman Amti (2004: 99), Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa; agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Sementara Bimo Walgito (2004: 4-5), mendefinisikan bahwa bimbingan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan hidupnya, agar individu dapat mencapai kesejahteraan dalam kehidupannya. Chiskolm dalam McDaniel, dalam Prayitno dan Erman Amti (1994: 94), mengungkapkan bahwa bimbingan diadakan dalam rangka membantu setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.

2. Definisi Konseling

Konseling adalah hubungan pribadi yang dilakukan secara tatap muka antarab dua orang dalam mana konselor melalui hubungan itu dengan kemampuan-kemampuan khusus yang dimilikinya, menyediakan situasi belajar. Dalam hal ini konseli dibantu untuk memahami diri sendiri, keadaannya sekarang, dan kemungkinan keadaannya masa depan yang dapat ia ciptakan dengan menggunakan potensi yang dimilikinya, demi untuk kesejahteraan pribadi maupun masyarakat. Lebih lanjut konseli dapat belajar bagaimana memecahkan masalah-masalah dan menemukan kebutuhan-kebutuhan yang akan datang. (Tolbert, dalam Prayitno 2004 : 101).
Jones (Insano, 2004 : 11) menyebutkan bahwa konseling merupakan suatu hubungan profesional antara seorang konselor yang terlatih dengan klien. Hubungan ini biasanya bersifat individual atau seorang-seorang, meskipun kadang-kadang melibatkan lebih dari dua orang dan dirancang untuk membantu klien memahami dan memperjelas pandangan terhadap ruang lingkup hidupnya, sehingga dapat membuat pilihan yang bermakna bagi dirinya.

Pengertian Bimbingan Konseling

Dari semua pendapat di atas dapat dirumuskan dengan singkat bahwa Bimbingan Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling (face to face) oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli serta dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki dan sarana yang ada, sehingga individu atau kelompok individu itu dapat memahami dirinya sendiri untuk mencapai perkembangan yang optimal, mandiri serta dapat merencanakan masa depan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan hidup.


KODE ETIK PROFESI KONSELOR INDONESIA

PENGERTIAN

Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia;Merupakan landasan moral dan pedoman tingkah laku profesional yang dijunjung tinggi, diamalkan dan diamankan oleh setiap profesional Bimbingan dan Konseling Indonesia 
DASAR KODE ETIK PROFESI B-K
1.Pancasila, mengingat profesi bimbingan dan konseling merupakan usaha pelayanan terhadap sesama manusia dalam rangka  ikut membina warga negara Indonesia yang bertanggung jawab
2.Tuntutan profesi, yang mengacu pada kebutuhan dan kebahagiaan klien sesuai denagn norma-norma yang berlaku 

KUALIFIKASI  DAN KEGIATAN  PROFESIONAL KONSELOR
KUALIFIKASI
1.Memiliki nilai, sikap. Ketrampilan, pengetahuan dan wawasan dalam bidang profesi bimbingan dan konseling
2.Memperoleh pengakuan atas kemampuan dan kewenangan sebagai konselor. 
1. Nilai, sikap, ketrampilan, pengetahuan dan wawasan yang harus dimiliki konselor:
a.       Konselor wajib terus-menerus berusaha mengembangkan dan menguasai dirinya
b.       Konselor wajib memperlihatkan sifat-sifat sederhana, rendah hati, sabar, menepati janji, dapat dipercaya, jujur, tertib dan hormat
c.       Konselor wajib memiliki rasa tanggung jawab terhadap saran ataupun peringatan yang diberikan kepadanya, khususnya dari rekan seprofesi yang berhubungan dgn pelaksanaan ketentuan tingkah laku profesional
d.       Konselor wajib mengusahakan mutu kerja yang tinggi dan tidak mengutamakan kepentingan pribadi termasuk material, finansial dan popularitas
e.       Konselor wajib trampil dlm menggunakan tekhnik dan prosedur khusus dgn wawasan luas dan kaidah-kaidah ilmiah
2. Pengakuan Kewenangan
-          Pengakuan Keahlian
-          Kewenangan oleh organisasi profesi atas dasar wewenang yg diberikan kepadanya. 

INFORMASI, TESTING DAN RISET    
1. Penyimpanan dan penggunaan Informasi
a.      Catatan tentang diri klien spt; wawancara, testing, surat-menyurat, rekaman dan data lain merupakan informasi yg bersifat rahasia dan hanya boleh dipergunakan untuk kepentingan klien.
b.      Penggunaan data/informasi dimungkinkan untuk keperluan riset atau pendidikan calon konselor sepanjang identitas klien dirahasiakan.
c.      Penyampaian informasi ttg klien kepada keluarganya atau anggota profesi lain membutuhkan persetujuan klien
d.      Penggunaan informasi ttg Klien dalam rangka konsultasi dgn anggota profesi yang sama atau yang lain dpt dibenarkan asalkan untuk kepentingan klien dan tidak merugikan klien.
e.      Keterangan mengenai informasi profesional hanya boleh diberikan kepada orang yang berwenang menafsirkan dan menggunakannya. 
2. Testing      
Suatu jenis tes hanya diberikan oleh konselor yang berwenang menggunakan dan menafsirkan hasilnya.
a.      Testing dilakukan bila diperlukan data yang lebih luas ttg sifat, atau ciri kepribadian subyek untuk kepentingan pelayanan
b.      Konselor wajib memberikan orientasi yg tepat pada klien dan orang tua mengenai alasan digunakannya tes, arti dan kegunaannya.
c.      Penggunaan satu jenis tes wajib mengikuti pedoman atau petunjuk yg berlaku bg tes tsb.
d.      Data hasil testing wajib diintegrasikan dgn informasi lain baik dari klien maupun sumber lain
e.      Hasil testing hanya dapat diberitahukan pada pihak lain sejauh ada hubungannya dgn usaha bantuan kepada klien     
3. Riset
a.      Dalam mempergunakan riset thdp manusia, wajib dihindari hal yang merugikan subyek
b.      Dalam melaporkan hasil riset, identitas klien sebagai subyek wajib dijaga kerahasiaannya. 

PROSES PELAYANAN 
1. Hubungan dalam Pemberian Pelayanan
a.      Konselor wajib menangani klien selama ada kesempatan dlm hubungan antara klien dgn konselor
b.      Klien sepenuhnya berhak mengakhiri hubungan dengan konselor, meskipun proses konseling belum mencapai hasil konkrit
c.      Sebaliknya Konselor tidak akan melanjutkan hubungan bila klien tidak memperoleh manfaat dari hubungan tsb.  
2. Hubungan dengan Klien
a.      Konselor wajib menghormati harkat, martabat, integritas dan keyakinan klien
b.      Konselor wajib menempatkan kepentingan kliennya diatas kepentingan pribadinya
c.      Konselor tidak diperkenankan melakukan diskriminasi atas dasar suku, bangsa, warna kulit, agama, atau status sosial tertentu
d.      Konselor  tidak akan memaksa seseorang untuk memberi bantuan pada seseorang tanpa izin dari orang yang bersangkutan
e.      Konselor wajib memebri pelayanan kepada siapapun terlebih dalam keadaan darurat atau banyak orang menghendakinya
f.        Konselor wajib memberikan pelayan hingga tuntas sepanjang dikehendaki klien
g.      Konselor wajib menjelaskan kepada klien sifat hubungan yg sedang dibina dan batas-batas tanggung jawab masing-masing dalam hubungan profesional
h.      Konselor wajib mengutamakan perhatian terhadap klien
i.        Konselor tidak dapat memberikan bantuan profesional kepada sanak saudara, teman-teman karibnya sepanjang hubungannya profesional  

KONSULTASI DAN HUBUNGAN DENGAN REKAN SEJAWAT 
1. Konsultasi dengan Rekan Sejawat               
Jikalau Konselor merasa ragu dalam pemberian pelayanan konseling, maka Ia wajib berkonsultasi dengan rekan sejawat selingkungan profesi dengan seijin kliennya. 
2. Alih Tangan kasus
a.     Konselor wajib mengakhiri hubungan konseling dengan klien bila dia menyadari tidak dapat memberikan bantuan pada klien
b.   Bila pengiriman ke ahli disetujui klien, maka menjadi tanggung jawab konselor menyarankan kepada klien dengan bantuan konselor untuk berkonsultasi kepada orang atau badan yang punya keahlian yg relevan.
c.   Bila Konselor berpendapat bahwa klien perlu dikirm ke ahli lain, namun klien menolak pergi melakukannya, maka konselor mempertimbangkan apa baik dan buruknya. 

HUBUNGAN KELEMBAGAAN
Prinsip Umum
1.      Prinsip Umum dalam pelayanan individual, khususnya mengenai penyimpanan serta penyebaran informasi klien dan hubungan kerahasiaan antara konselor dengan klien berlaku juga bila konselor bekerja dalam hubungan kelembagaan
2.      Jika konselor bertindak sebagai konsultan di suatu lembaga,Sebagai konsultan, konselor wajib tetap mengikuti dasar-dasar pokok profesi Bimbingan dan Konselor tidak bekerja atas dasar komersial.
Keterikatan Kelambagaan
1. Setiap konselor yang bekerja dalam siuatu lembaga, selama pelayanan konseling tetap menjaga rahasia pribadi yang dipercayakan kepadanya.
2. Konselor wajib memepertanggungjawabkan pekerjaannya kpd atasannya, namun berhak atas perlindungan dari lembaga tsb dalam menjalankan profesinya.
3. Konselor yang bekerja dalam suatu lembaga wajib mengetahu program kegiatan lembaga tsb, dan pekrjaan konselor dianggap sebagai sumbangan khas dalam mencapai tujuan lembaga tsb.
4. Jika Konselor tidak menemukan kecocokan mengenai ketentuan dan kebijaksanaan lembaga tsb, maka konselor wajib mengundurkan diri dari lembaga tersebut. 

PRAKTEK MANDIRI DAN LAPORAN KEPADA PIHAK LAIN
Konselor Praktik Mandiri
1. Konselor yang praktek mandiri (privat) dan tidak bekerja dalam hubungan kelembagaan tertentu, tetap mentaati kode etik jabatan sebagai konselor dan berhak mendapat perlindungan dari rekan seprofesi.
2. Konselor Privat wajib memperoleh izin praktik dari organisasi profesi yakni ABKIN 
Laporan pada Pihak Lain            
Jika Konselor perlu melaporkan sesuatu hal ttg klien pada pihak lain (spt: pimpinan tempat dai bekerja), atau diminta oleh petugas suatu badan diluar profesinya, dan ia wajib memberikan informasi tsb, maka dalam memberikan informasi itu ia wajib bijaksana dgn berpedoman pada suatu pegangan bhw dgn berbuat begitu klien tetap dilindungi dan tidak dirugikan. 

KETAATAN PADA PROFESI
Pelaksanaan Hak dan Kewajiban
1. Dalam melaksanakan hak dan kewajibannya Konselor wajib mengaitkannya dengan tugas dan kewajibannya terhadap klien dan profesi sesuai kode etik untuk kepentingan dan kebahagiaan klien
2. Konselor tidak dibenarkan menyalahgunakan jabatannya sebagai konselor untuk maksud mencari keuntungan pribadi atau maksud lain yang merugikan klien, atau menerima komisi atau balas jasa dalam bentuk yg tidak wajar 
Pelanggaran terhadap Kode Etik
1. Konselor wajib mengkaji secara sadar tingkah laku dan perbuatannya bahwa ia mentaati kode etik
2. Konselor wajib senantiasa mengingat bahwa setiap pelanggaran terhadap kode etik akan merugikan diri sendiri, klien, lembaga dan pihak lain yg terkait.
3. Pelanggaran terhadap kode etik akan mendapatkan sangsi berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh ABKIN. (Art)
Read more »»  

VIVA NEWS

Popular Posts