Mengenal
Lebih Dekat BRIGADE 0515
Brigade 0515, adalah
nama khas yang biasa digunakan untuk menunjukkan eksistensi Organisasi Siswa
Intra Sekolah (OSIS) di SMPN 1 Sukolilo periode 2012/2013. Dengan semboyan Man
Jadda Wa Jadda, yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan memperoleh apa
yang diharapkan, Organisasi ini terus berperan dalam mensukseskan setiap
kegiatan sekolah. Adalah Bapak Arba Karomaini S.Ag selaku dewan guru yang
mendapat mandat sebagai Pembina OSIS pada periode tersebut.
OSIS itu apa
sich...???
OSIS
sebagai satu-satunya organisasi didalam sekolah, memiliki banyak
pengertian bila dipandang dari beberapa sudut pandang, yaitu;
ü Secara Semantis
Di dalam Surat Keputusan Direktur
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa
organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS.
ü Secara Organis
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.
ü Secara Fungsional
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu : latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.
Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu : latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.
ü Secara Sistemik
Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan.
Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, dimana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan.
Ciri-Ciri OSIS Itu
Apa...?
Berdasarkan
beberapa pengertian diatas, pemahaman OSIS sebagai suatu sistem, ditandai
dengan beberapa ciri pokok, yaitu :
a. Berorientasi pada tujuan
b. Memiliki susunan kehidupan berkelompok
c. Memiliki sejumlah peranan
d. Terkoordinasi
e. Berkelanjutan dalam waktu tertentu
a. Berorientasi pada tujuan
b. Memiliki susunan kehidupan berkelompok
c. Memiliki sejumlah peranan
d. Terkoordinasi
e. Berkelanjutan dalam waktu tertentu
Fungsi OSIS itu apa
ya...???
Salah satu ciri pokok suatu organisasi
ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu
organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan.
Sebagai
salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS adalah :
1. Sebagai Wadah
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.
2. Sebagai Motivator
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
3. Sebagai Preventif
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungis preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan
1. Sebagai Wadah
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.
2. Sebagai Motivator
Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
3. Sebagai Preventif
Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungis preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan
Tahu Gak Kamu
Tentang Tujuan OSIS itu...???
Setiap organisasi selalu memiliki
tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan, antara
lain :
1. Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi
5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual
7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1. Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi
5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual
7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Apa
sich arti lambang OSIS, kenapa bentuknya seperti itu ya...?
1. Bunga bintang
sudut lima dan lima kelopak daun bunga
Generasi muda adalah bunga harapan bangsa dengan bentuk
bintang sudut lima menunjukkan kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila.
Para siswa berdaya upaya melalui lima jalan dengan kesungguhan hati, agar menjadi
warga negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam
bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal.
2. Buku
terbuka
Belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi,
merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.
3. Kunci pas
Kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada
kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain,
menyebabkan siswa berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka
semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan.
4. Tangan
terbuka
Kesediaan menolong orang lain yang lemah sesama siswa dan
masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan, yang menunjukkan adanya
sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.
5. Biduk
Biduk / perahu, yang melaju di lautan hidup menuju masa
depan yang lebih baik, yaitu tujuan nasional yang dicita – citakan.
6. Pelangi
merah putih
Tujuan nasional yang dicita–citakan adalah masyarakat adil
dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang
sejahtera baik material maupun spiritual.
7. Tujuh
belas butir padi, delapan lipatan pita, empat buah kapas, lima daun kapas
Pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penegakan
jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai–nilai perjuangan ’45 yang
harus dihayati para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan
pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi
dengan partisipasi penuh para siswa.
8. Warna kuning
Sebagai dasar lambang yaitu warna kehormatan/agung. Suatu
kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan
bermanfaat melalui organisasi, untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka,
sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan negara.
9. Warna
coklat
Warna tanah Indonesia, berpijak pada kepribadian dan budaya
sendiri serta rasa nasional Indonesia.
10. Warna
merah putih
Warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci
dan berani membela kebenaran
PROGRAM KEGIATAN OSIS SMPN 1 SUKOLILO PERIODE
2012/2013
|
|||
N
|
Seksi Bidang
|
Bentuk Jenis
Kegiatan
|
|
1
|
Pembinaan
keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
a. Melaksanakan sholat
dzuhur berjama'ah sesuai jadwal;
|
|
b. Memperingati
hari-hari besar keagamaan: Nuzulul qur'an, Sholat idul Adha, melaksanakan
Qurban, Maulid Nabi, Isro' Mi'roj;
|
|||
c. Melaksanakan
perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama: puasa Ramadhan, pesantren kilat,
pengumpulan dan pembagian zakat fitrah, penggalaian dana infaq jum'at,
takziyah;
|
|||
d. Mengadakan kegiatan
lomba yang bernuansa keagamaan
|
|||
e. Mengembangkan dan
memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
|
|||
2
|
Pembinaan budi
pekerti luhur atau akhlak mulia
|
a. Melaksanakan tata
tertib dan kultur sekolah;
|
|
b. Melaksanakan gotong
royong dan kerja bakti (bakti sosial) pada hari jum'at dan hari-hari
tertentu;
|
|||
c. Penggalian dana PMI;
|
|||
d. Melaksanakan kegiatan
7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan
kerindangan).
|
|||
3
|
Pembinaan kepribadian
unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
|
a. Melaksanakan upacara
bendera pada hari senin serta hari-hari besar nasional;
|
|
b. Melantunkan lagu-lagu
nasional (Mars dan Hymne);
|
|||
c. Melaksanakan kegiatan
kepramukaan;
|
|||
d. Mengunjungi dan
mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah (Study Wisata) ;
|
|||
e. Membentuk PASKIBRA;
|
|||
f. Menyelenggarakan kegiatan Ilmiah Remaja;
|
|||
4
|
Pembinaan
prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat,
|
a. Mengadakan lomba mata
pelajaran;
|
|
b. Mengikuti kegiatan
workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan
teknologi (iptek);
|
|||
c. Mengunjungi pameran
karya inovatif dan hasil penelitian;
|
|||
d. Mengoptimalkan
pemanfaatan perpustakaan sekolah;
|
|||
e. Membentuk klub sains,
seni dan olahraga;
|
|||
f. Menyelenggarakan
lomba seni;
|
|||
g. Menyelenggarakan
lomba dan pertandingan olahraga.
|
|||
5
|
Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia,
pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam
konteks masyarakat plural
|
a. Mengadakan
reorganisasi (Pemilihan Ketua OSIS) secara LUBER
|
|
b. Melaksanakan latihan
dasar kepemimpinan siswa (LDK);
|
|||
c. Mengadakan majalah
dinding setiap bulan;
|
|||
d. Melaksanakan kegiatan
kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
|
|||
e. Melaksanakan kegiatan
orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa
kekerasan;
|
|||
f. Melaksanakan
penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
|
|||
6
|
Pembinaan
kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan
|
a. Meningkatkan
kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih
berguna;
|
|
b. Meningkatkan
kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
|
|||
c. Meningkatkan usaha
koperasi siswa dan unit produkdsi;
|
|||
7
|
Pembinaan
kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang
terdiversifikasi
|
a. Melaksanakan senam
(SKJ) setiap hari jum'at;
|
|
b. Melaksanakan usaha
kesehatan sekolah (UKS);
|
|||
c. Melaksanakan
pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba),
minuman keras, merokok, dan HIV AIDS;
|
|||
d. Melaksanakan jantung
sehat (jalan santai) pada hari-hari tertentu;
|
|||
e. Melaksanakan
pengamanan jajan anak sekolah.
|
|||
f. Menyelenggarakan seminar dan diversifikasi
pangan dari dinas Kesehatan ;
|
|||
8
|
Pembinaan sastra
dan budaya
|
a. Menyelenggarakan
lomba sastra dan budaya;
|
|
b. Meningkatkan daya
cipta puisi, cerpen, kreografi / tari;
|
|||
c. Meningkatkan
apresiasi seni budaya dalam berbagai pentas/ acara.
|
|||
d. Membentuk Paduan Suara dan Sanggar seni
(tari, drama dan musik);
|
|||
9
|
Pembinaan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK),
|
a. Memanfaatkan TIK
untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
|
|
b. Menjadikan TIK
sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
|
|||
c. Memanfaatkan TIK
untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
|
|||
d. Pengadaan sarana dan prasarana penunjang
TIK: komputer, modem, printer;
|
|||
10
|
Pembinaan
komunikasi dalam bahasa Inggris
|
a. Melaksanakan lomba
pidato;
|
|
b. Menyelenggarakan
training;
|
|||
c. Melaksanakan kegiatan
English Day;
|
|||
d. Melaksanakan kegiatan
bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling);
|
SUSUNAN PENGURUS OSIS
SMP N 1 SUKOLILO
PENGURUS
OSIS (ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH)
|
||||||
SMPN 1 SUKOLILO
TAHUN AJARAN 2012/2013
|
||||||
Penasehat :
Kepala SMPN 1 Sukolilo
|
||||||
Pembina :
Arba' Karomaini, S.Ag.
|
||||||
Ketua :
Kevin Aditya
|
8B
|
|||||
Wakil Ketua :
Cindy Merlinda
|
8A
|
|||||
Sekretaris 1 :
Dyah Lustiyaningsih
|
8A
|
|||||
Sekretaris 2 :
Rifka Aryanti
|
8A
|
|||||
Bendahara 1 :
Bagus Reza Pahlevi
|
8A
|
|||||
Bendahara 2 :
Merry Puji Lestari
|
8A
|
|||||
Bendahara 3 :
Jiantika
|
7F
|
|||||
NO
|
Seksi Bidang
|
Nama Siswa
|
Kelas
|
|||
1
|
Pembinaan
keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
Agung Adi F.
|
8A
|
|||
Andini Fidiasari
|
7C
|
|||||
2
|
Pembinaan
budi pekerti luhur atau akhlak mulia
|
Diah fita N.
|
8B
|
|||
Agus Budianto
|
7D
|
|||||
3
|
Pembinaan
kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
|
Awang Bagas
|
8H
|
|||
Nurhanikmah
|
8G
|
|||||
4
|
Pembinaan
prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat,
|
Alfin M.
|
8C
|
|||
Munirotun N.
|
7D
|
|||||
5
|
Pembinaan
demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan
dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural
|
Ahmad Sunarno
|
8B
|
|||
Sofia ayu dalima
|
8D
|
|||||
6
|
Pembinaan
kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan
|
Ovalina m.m.
|
8H
|
|||
Marta aditya
|
7D
|
|||||
7
|
Pembinaan
kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang
terdiversifikasi
|
Doni fajar nugroho
|
8B
|
|||
Mela kumala S.
|
8B
|
|||||
8
|
Pembinaan
sastra dan budaya
|
Andini putri L.
|
8E
|
|||
Gea revanka
|
8H
|
|||||
9
|
Pembinaan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK),
|
Agus machfud S.
|
8A
|
|||
Dewi ayu
|
8C
|
|||||
10
|
Pembinaan
komunikasi dalam bahasa Inggris
|
Reza novatyasari
|
8H
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar